Sejarah Klub Chelsea FC

  • by

 

Uanova, Sejarah Klub Chelsea FC – Pada tahun 1904, ada seorang jutawan dan fans sepak bola namanya Gus Mears beli tempat Stadion Stamford Bridge Athletic Ground di Fulham untuk jadi stadion sepak bola, selanjutnya Mears berencana membangun satu club sepak bola baru sesudah penawaran yang dikasih ke Fulham untuk memakai stadion itu ditampik.

Ingat telah ada satu club sepak bola namanya Fulham, nama Chelsea yang sebuah kota kecil bersisihan dengan stadion diputuskan selaku nama club baru itu. Beberapa nama lain seperti Kensington FC, Stamford Bridge FC dan London FC sempat diperhitungkan untuk diputuskan. Chelsea dibangun pada 10 Maret 1905 dalam suatu pub The Rising Sun (sekarang restaurant The Butcher’s Hook) dan pertamanya kali bermain pada persaingan Football League.

Selanjutnya, ada seorang pemain tim nasional Skotlandia berumur 28 tahun namanya John Robertson diputuskan merangkap kedudukan jadi pemain sekalian manager pertama Chelsea. Beberapa pemain diambil dari bermacam club untuk perkuat Chelsea, seperti kiper William “Fatty” Foulke dari Sheffield United, Jimmy Windridge dan Bob McRoberts dari Small Heath, dan Frank Pearson dari Manchester City.

Pertandingan pertama mereka berlangsung pada 2 September 1905, satu laga tandang hadapi Stokport County. Chelsea kalah dari score 0–1. Chelsea alami beberapa promosi-degragasi pada Seksi Satu dan Seksi Dua Liga Inggris. Perolehan terbaik Chelsea pada beberapa tahun awalnya ialah meluncur sampai final Piala FA 1915 tetapi ditaklukkan Sheffield United di Old Trafford.

Chelsea mempunyai rekam jejak selaku team sepak bola yang kerap datangkan beberapa pemain populer dan jumlah pemirsa yang besar

Tetapi keberhasilan belum juga mendekati mereka pada saat-saat Perang Dunia I dan II, tetapi itu tidak menurunkan semangat dan tekad beberapa punggawa Chelsea.

Di tahun 1952, klub Chelsea datangkan manager baru, Ted Drake, mantan striker Arsenal dan Inggris. Drake lakukan memodernisasi club baik dalam dan di luar lapangan, tingkatkan sistem training, pembimbingan team umur muda, dan perkuat kedalaman team dengan kemahiran datangkan beberapa pemain dari seksi-divisi bawah dan beberapa liga pemula.

Sampai pada akhirnya Drake sukses bawa Chelsea meraih piala pertama mereka, yaitu titel juara Seksi Satu Liga Inggris 1954–55. Pada musim selanjutnya, UEFA melangsungkan kejuaraan antar-klub juara liga di Eropa, Piala Champions, tetapi tidak setujunya kewenangan Liga Sepak Bola Inggris dan FA membuat Chelsea tarik diri dari kejuaraan itu saat sebelum diawali.

Chelsea tidak berhasil meneruskan keberhasilan itu dan cuman jadi penghuni papan tengah klasemen liga pada dasawarsa 1950-an. Drake selanjutnya dikeluarkan di tahun 1961 dan diganti oleh Tommy Docherty yang merangkap kedudukan pemain sekalian manager.

di tahun 2005, Chelsea baru menjadi juara Liga Khusus Inggris sesudah menanti 50 tahun. Itu berlangsung di periode kedudukan manager Jose Mourinho (2004 – 2007), yang waktu itu mendapatkan suport penuh dari miliarder berkebangsaan Rusia, Roman Abramovich. Di tahun yang serupa, Chelsea sukses memenangkan Piala Carling dengan menaklukkan Liverpool.

Baca juga : Sejarah Klub FC BARCELONA

Chelsea terus memenangkan berbagai pertandingan

Seterusnya di tahun 2006, Chelsea kembali lagi sukses memenangkan Liga Khusus Inggris. Di tahun 2007, Chelsea kembali lagi sukses memenangkan Piala Carling sesudah menaklukkan Arsenal 2-1 dan jadi juara Piala FA sesudah menaklukkan Manchester United 1-0 melalui babak waktu perpanjangan.

Tatapi, di awal persaingan musim 2007-2008, Jose Mourinho memundurkan diri dari kedudukan manager sebab beberapa performa jelek yang diperlihatkan Chelsea, ditambahkan perbedaan dengan Abramovic. Mourinho diganti Avram Grant.

Pada awal periode kepelatihan Grant, banyak kelompok yang memandangnya mata sebelah. Meskipun begitu, Avram Grant sanggup bawa Chelsea jadi treble runner-up yakni di gelaran Piala Carling saat sebelum ditaklukkan Tottenham Hotspur dengan score 2-1. Diikuti jadi runner-up Liga Khusus Inggris di bawah Manchester United dan jadi runner-up di gelaran Liga Champions sesudah kalah beradu penalti 6-5 dari Manchester United. Tetapi prestasi itu dipandang masih kurang baik hingga Grant mau tak mau dikeluarkan diakhir musim.

Di akhir januari 2009 pelatih dari Brasil, Luiz Felipe Scolari dipilih untuk latih Chelsea. Tetapi, Scolari pun tidak sanggup memberi prestasi yang memberikan kepuasan. Hingga di akhir April 2009 alami nasib yang serupa dengan Grant. Status kosong manager Chelsea selanjutnya diisi oleh pelatih dari Belanda, Guus Hiddink, sampai akhir musim 2008–09. Pada bulan akhir Mei, saat sebelum tinggalkan Chelsea, Guus Hiddink memberi masa lalu manis dengan bawa gelar Piala FA ke-5 Chelsea.
Pada awal musim persaingan 2009–10, Chelsea umumkan Carlo Ancelotti selaku manager baru dengan periode kontrak sepanjang tiga musim. Ancelotti langsung memberi gelar dengan bawa klub Chelsea memenangkan Community Shield 2009 sesudah menaklukkan Manchester United dalam beradu penalti. Kemenangan dalam beradu penalti itu adalah pertamanya kali untuk Chelsea semenjak 1998, waktu Chelsea hadapi Ipswich Town di Piala Liga.

Di akhir musim, Chelsea sukses memenangkan Liga Khusus Inggris dan Piala FA, yang disebut perolehan pertama kali dalam riwayat Chelsea. Chelsea jadi club ke-7 yang sukses memasangkan gelar double winner itu. Penyerang Chelsea, Didier Drogba sukses memperoleh Golden Boot selaku Pembuat Gol Paling banyak dengan torehan 29 gol.

Pada pertandingan paling akhir liga pada 9 Mei 2010, Chelsea membuat malu Wigan dengan score mutlak 8–0 dengan Drogba cetak 3 gol. Chelsea cetak rekor menang telak 100 % menantang seluruh team empat besar (Manchester United, Liverpool, dan Arsenal). Pada musim ke-2 nya, Ancelotti dikeluarkan Chelsea pada Mei 2011 sesudah kekalahan 1-0 dari Everton di pertandingan paling akhir musim 2010–11.

Di awal musim 2011–12, Andre Villas-Boas dipilih selaku pelatih Chelsea. Sesudah beberapa hasil jelek yang dirasakan Chelsea, Villas-Boas dikeluarkan di bulan Maret 2012. Orang kepercayaannya, Roberto Di Matteo yang disebut mantan pemain Chelsea selanjutnya dipilih selaku pelatih khusus ad interim.
Di bawah instruksi Di Matteo, Chelsea memperlihatkan hasil impresif dengan sukses meraih titel juara Piala FA untuk ke-7 kalinya dan Liga Champions untuk pertamanya kali dalam riwayat club, yang sekalian jadi club London pertama juara Liga Champions.

Baca juga : Sejarah Sepak Bola Yang Perlu Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *