Sejarah Klub Manchester United

  • by

 

Uanova, Sejarah Klub Manchester United  – Riwayat dari salah satunya club paling besar di dunia, Manchester United, memang jadi satu perjalanan yang unik di dunia sepakbola. Oleh karena itu club itu makin disegani dan populer di penjuru dunia.

United dipenuhi oleh riwayat kemenangan dan tragedi yang mengagumkan, terhitung style permainan menyerbu, permainan sepakbola yang melipur, sering usai dengan akhir pertandingan yang menegangkan seperti film action.

Manchester United Football Klub dibangun di tahun 1878, tetapi bernama yang lain yakni Newton Heath LYR (Lancashire and Yorkshire Railway). Sebelumnya tidak ada orang yang mengetahui sebesar apa club itu akan berkembang. Benar-benar saat gelaran Football League dibangun di tahun 1888, club Newton Heath tidak langsung tergabung di persaingan itu. Mereka tidak percaya jika kualitas mereka cukup bagus untuk bermain dan menantang club seperti Blackburn Rovers dan Preston North End. Sampai pada akhirnya di tahun 1902, mereka pada akhirnya tergabung di Seksion One. Sayang sesudah cuman 2 musim bermain, mereka terdegradasi ke Seksion Two.

Bukan hanya perform team sebagai persoalan mereka, permasalahan keuangan mulai menggerogoti club itu. Sampai pada akhirnya pada awal era ke-21 club itu diprediksikan akan segera buyar. Tetapi mujur hal itu tidak muncul karena pebisnis lokal pemilik usaha pengerjaan bir, John Henry Davies siap untuk selamatkan club itu. Berdasarkan catatan riwayat, Davies mengenali mengenai kondisi jelek club itu saat dia mendapati anjing piaraan kapten team Harry Stafford.

Dia selanjutnya memilih untuk menginvestasikan dana di Newton Heath, dengan keuntungan berbentuk bunga investasi sepanjang jadi investor. Ini selanjutnya yang memicu pergantian nama club. Beberapa opsi nama sebelumnya terhitung Manchester Central dan Manchester Celtic, tetapi pada akhirnya nama yang diputuskan ialah Manchester United, dan disahkan di bulan April/Mei tahun 1902.

Baca juga : Sejarah Klub Chelsea FC

Sosok yang lain banyak memberi dampak dalam perubahan United ialah Ernest Mangnall, yang sesungguhnya dipilih selaku sekretaris di bulan September 1903. Namun dia lebih diketahui selaku manager pertama yang pernah dipunyai club itu. Pemain yang dihadirkannya seperti kiper Harry Moger dan striker Charlie Sagar, jadi pendamping scuad yang pas sampai team itu sukses menempati rangking ke-3 diakhir musim 1903/04 dan musim 1904/05 di gelaran Seksion Two.

Selanjutnya keberhasilan mereka bersambung pada musim 1905/06, di mana musim itu adalah musim yang memperlihatkan kedahsyatan Manchester United di saat-saat awalnya berdirinya club itu. Pemain bertahan seperti Dick Duckworth, Alex Bell dan kapten team Charlie Roberts ialah beberapa pemain kunci untuk kesuksesan team itu dalam tembus babak perempat final di gelaran Piala FA, dan perolehan mengagumkan yang lain yakni jadi runner-up di gelaran Seksion Two.

12 tahun sesudah terdegradasi, United pada akhirnya kembali lagi memperoleh promo ke liga paling tinggi di Inggris, Seksion One. Selaku perayaan, Mangnall datangkan Billy Meredith dari club pesaing mereka, Manchester City. Dipanggil Welsh Wizard, Meredith diberitakan terjebak dalam masalah penyuapan di City, karenanya dia pada akhirnya jadi salah satunya pemain yang dilelang bersama 17 pemain yang lain. Mangnall cepat sekali bergerak untuk memperoleh tanda-tangan pemain itu, bahkan juga saat sebelum lelang diawali.

Kehadiran winger itu bisa dibuktikan jadi ide yang besar sekali, di mana Meredith berjasa dalam memberi assist untuk pemain striker, Sandy Turnbull pada musim 1907/08. Musim di mana United meraih titel juara liga untuk pertamanya kali. Selaku juara, United pada akhirnya dapat bermain di Charity Shield untuk pertamanya kali. Mereka merampas titel juara Charity Shield sesudah menaklukkan juara Southern League, QPR dengan score 4-0. Kemenangan itu tidak lepas dari hat-trick yang diciptakan oleh Jimmy Turnbull, nama panggilan untuk Sandy Turnbull. Piala ke-3 sebagai koleksi United dicapai mereka di gelaran Piala FA, di tahun 1909. Waktu itu United menaklukkan Bristol City dengan score 1-0 di babak final, dan gol kemenangan itu disembahkan oleh Sandy Turnbull.

Baca juga : Sejarah Klub FC BARCELONA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *